Friday, January 1, 2016

Membuat Game Sederhana

CARA MEMBUAT GAME DENGAN GAME MAKER STUDIO


Sekedar informasi saja bahwa Game Maker Studio tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, dan pada contoh kali ini kita akan menggunakan software yang gratis.



Cara Membuat Game

Download software GameMaker: Studio, ukuran file software tersebut tidak terlalu besar, hanya  100 mb saja. Jika sudha selesai download, silahkan Anda install dan jalankan software GameMaker Studio tersebut.
Buat karakter sprite

Cara Membuat Game 2

Dalam kasus ini kita hanya akan membuat karakter berbentuk bola saja, karena memang sesuai judul diatas, disini kita akan belajar cara membuat game pc sederhana, namun jika Anda ingin membuat karakter sendiri yang jauh lebih baik, silahkan.

Ada tiga karakter yang akan kita buat :

Bola (maze guy)
Dinding (wall)
Lubang (goal)

Silahkan Anda buat satu per satu dengan cara menggambarnya dengan tool yang sudah disediakan.
Tambahkan object

Cara Membuat Game 3

Fungsi dari object disini adalah untuk menambahkan pergerakkan. Karena kita membuat 3 karakter, maka ketiganya harus kita masukkan lagi ke dalam Object. Caranya :

Kik Object > Load Sprite Bola > Klik Add Event > Key Press

Tambahkan event untuk masing-masing karakter seperti dibawah ini :

Maze Guy : Press Left, Press Up, Press Right, Press Down, Release Left, Release Up, Release Right, Release Down dan Wall (start moving in a direction).
Wall : -
Goal : Go to Next Room

Selanjutnya kita masuk pada tahap pembuatan background game.
Buat rooms

Cara Membuat Game 4

Pada tahap ini kita akan menggambar sebuah dinding yang akan kita gunakan sebagai track atau jalur dalam permainann nanti. Untuk menggambar dinding caranya juga mudah, pertama silahkan Anda klik kanan pada Rooms lalu pilih Create Rooms.

Pilih object Wall lalu gambar jalur sesuai dengan keinginan. Jangan lupa masukkan juga Maze Guy di awal (start) dan Goal di akhir jalur (finish).
Klik executable

Cara Membuat Game 5

Jika semua object sudah ditempatkan pada tempatnya itu artinya game sudah siap untuk dijalankan, tinggal kita klik Executable untuk melakukan pengepack.an game, sebelum game kita mainkan.

Tidak lama, hanya butuh waktu 1 - 10 detik saja untuk menyimpan game tersebut.
Game sederhana siap dimainkan

Cara Membuat Game 6

Cara memainkan atau gameplay dari permain Maze Guy ini sangat sederhana, tugas kita hanya perlu mengarahkan karakter si Maze Guy menujuke Goal, dengan catatan kita tidak boleh menambrak dinding (wall).

Baca Juga Genghis Khan Split Channel Bandwith Motor Fast Without Cost Carburetor Setting Configuration Webhtb Ubuntu Securing Mikrotik From DDOS Setting Connections Invalid Click Adsense Membuat Game Sederhana Bermain Gitar Cara Mendaftar Google Adsense Cara Memelihara Aglaonema Budidaya Aglaonema Mastering Burung Beternak Burung Kenari Manfaat Sayur Dan Buah Cara Berhenti Merokok Cara Merawat Motor Asma Hiperemesis Graviadrium Tetanus Diabetes Rheumatik Tuberculosis Diare Kota Banyumas Hidup Sehat Meringankan Windows Memperbaiki File Membuat Batu Bacan Membuat Blog Seal Online Instal Komputer Dan Laptop Dragon Nest Age Of Empire II
Sumber : Cara Membuat Game PC Sederhana