Friday, December 11, 2015

Berhenti Merokok

Siapa yang tidak diharapkan tidak merokok? Setiap orang pasti ingin bebas dari asap rokok maupun polusi lainnya. Disini saya akan mengulas tentang cara cara menghentikan rokok karena asap rokok sangat berbahaya bagi semua orang baik perokok pasif maupun aktif. Meskipun saya sendiri perokok hehe.
Mengapa harus tidak merokok?
Rokok ibarat pabrik bahan kimia. Dalam satu batang rokok yang diisap akan dikeluarkan sekitar 4.000 bahan kimia berbahaya, diantaranya yang paling berbahaya adalah Nikotin,Tar dan Carbon Monoksida (CO).
- Nikotin menyebabkan ketagihan dan merusak jantung dan aliran darah.
- Tar menyebabkan kerusakan sel paru-paru dan kanker
- CO menyebabkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen,sehingga sel-sel tubuh akan mati.
Apa itu Perokok Aktif dan Perokok Pasif?
- Perokok Aktif adalah orang yang mengkonsumsi rokok secara rutin dengan sekecil apapun walaupun cuma 1 batang dalam sehari. Atau orang yang menghisap rokok walau tidak rutin sekalipun atau hanya sekedar coba-coba dan cara menghisap rokok cuma sebentar menghembuskan asap walau tidak diisap masuk kedalam paru-paru.
- Perokok Pasif adalah orang yang bukan perokok tapi menghirup asap rokok orang lain atau orang yang berada dalam satu ruangan tertutup dengan orang yang sedang merokok.
Apa bahaya perokok Aktif dan Pasif?
- Menyebabkan kerontokan rambut
- Gangguan pada mata,seperti katarak
- Kehilangan pendengaran lebih awal dibanding bukan perokok
- Menyebabkan paru-paru kronis
- Merusak gigi dan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap
- Menyebabkan stroke dan serangan jantung
- Tulang lebih mudah patah
- Menyebabkan kanker kulit
- Menyebabkan kemandulan dan impotensi
- Menyebabkan kanker rahim dan keguguran
Bagaimana cara berhenti merokok?
Ada 3 cara untuk berhenti merokok yaitu seketika,menunda dan mengurangi. Hal yang paling utama adalah niat dan tekad yang bulat untuk melaksanakan cara tersebut.
- Seketika
Cara ini merupakan upaya yang paling berhasil. Bagi perokok berat, mungkin perlu bantuan tenaga kesehatan untuk mengatasi efek ketagihan karena rokok mengandung zat adiktif.
- Menunda
Perokok dapat menunda menghisap rokok pertama 2 jam setiap hari sebelumnya dan selama 7 hari berturut-turut. Sebagai contoh seorang perokok biasanya merokok setiap hari pada pukul 07:00 pagi maka pada hari 1 Pukul 09:00 hari 2 Pukul 11:00 hari 3 Pukul 13:00 hari 4 Pukul 15:00 hari 5 Pukul 17:00 hari 6 Pukul 19:00 hari 7 Pukul 21:00
- Mengurangi
Jumlah rokok yang dihisap setiap hari dikurangi secara berangsur angsur dengan jumlah yang sama sampai dengan 0 batang pada hari ke 7 atau sesuai yang diterapkan. Misalkan dalam sehari hari menghabiskan 28 batang rokok maka dapat merencanakan pengurangan jumlah rokok selama 7 hari dengan jumlah pengurangan sebanyak 4 batang perhari.
Selain itu dukungan dari keluarga dan lingkungan sekitar sangat mendukung para perokok agar dapat menghentikan dari rokok. 

Baca Juga Genghis Khan Split Channel Bandwith Motor Fast Without Cost Carburetor Setting Configuration Webhtb Ubuntu Securing Mikrotik From DDOS Setting Connections Invalid Click Adsense Membuat Game Sederhana Bermain Gitar Cara Mendaftar Google Adsense Cara Memelihara Aglaonema Budidaya Aglaonema Mastering Burung Beternak Burung Kenari Manfaat Sayur Dan Buah Cara Berhenti Merokok Cara Merawat Motor Asma Hiperemesis Graviadrium Tetanus Diabetes Rheumatik Tuberculosis Diare Kota Banyumas Hidup Sehat Meringankan Windows Memperbaiki File Membuat Batu Bacan Membuat Blog Seal Online Instal Komputer Dan Laptop Dragon Nest Age Of Empire II